Mengapa kurs rupiah melemah terhadap dolar dari kacamata profesional

Mengapa kurs rupiah melemah terhadap dolar dari kacamata profesional

Akhir ini kita disuguhi sebuah cerita atau tontonan melemahnya nilai tukar rupiah terhadap dolar amerika , atau mungkin juga melemahnya nilai tukar rupiah terhadap semua mata uang asing , dengan kata lain kurs dolar menguat sedangkan kurs rupiah melemah terhadap dolar, Mengapa bisa terjadi demikian ??

Ada banyak sekali faktor mengapa dolar atau kurs dolar bisa menguat sedangkan kurs rupiah bisa melemah terhadap dolar amerika.

 
kurs rupiah melemah terhadap dolar
kurs rupiah melemah terhadap dolar


Kita akan bahas satu per satu .
  • Yang pertama dari sudut pandang kepercayaan , semakin tinggi tingkat kepercayaan seseorang atau suatu badan atau suatu negara , maka nilai mata uang itu dipandang tinggi . Lalu apakah kepercayaan bisa naik dan turun , pasti bisa tergantung kondisi politik dan ekonomi negara tersebut . Sebagai satu contohnya kita pasti tidak ingin menyimpan atau memiliki mata uang suatu negara yang sedang dilanda peperangan parah . Kita pasti ingin segera mengembalikan atau menukarkan nya secepat mungkin. Mata uang suatu negara yang kondisi politik dan ekonominya sedang tidak stabil , pastilah kurang bagus dan cenderung turun.

  • Yang kedua dipandang dari sudut pandang kebutuhan , Negara yang banyak menbutuhkan mata uang negara tertentu dalam jumlah banyak pastilah mata uang negaranya sendiri akan melemah , karena banyak digunakan untuk membeli dolar. sebagai contoh indonesia baik swasta maupun pemerintah sedang banyak membutuhkan dolar amerika untuk menutupi atau membayar utang yang jatuh tempo, kegelisahan atau lonjakan kebutuhan ini akan menjadikan mata uang atau kurs mata uang kita rupiah jadi melemah terhadap dolar amerika.

  • Yang ketiga adalah keinginan suatu negara agar mata uangnya pada tetap pada kisaran kurs tang rendah terhadap mata uang asing , agar volume expornya akan meningkat , Untuk yang satu ini negara bisa memutuskan demikian menurut penulis, bila tingkat kesejahteraan rakyat dan pendidikannya sudah maju , dan mata uangnya sendiri punya backup yang kuat dari bank central negaranya bila terjadi sesuatu yang tidak diinginkan, negara tersebut misalnya contohnya Jepang dan Cina .
Bagaimana jika kurs rupiah turun terus menerus : Baca ulasannya besok ya 

Langkah langkah yang dilakukan bank central pada contoh kali ini adalah bank indonesia bila kurs rupiah melemah terus menerus .

baca juga :

Sekian dulu ya , baca tulisan kami yang lain ya . Tetap semangat




Mengapa kurs rupiah melemah terhadap dolar dari kacamata profesional Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

0 komentar:

Post a Comment