Call
Center Bank Indonesia - Bank Indonesia (BI)
Adalah Bank Sentral Indonesia. Bank yang memiliki nama lain yakni De Javasche
Bank yang dipergunakan pada masa Hindia-Belanda. Disebut sebagai bank sentral,
BI memiliki peranan penting dalam melakasanakan berbagai tugas yang telah
dibebankan kepada lembaga keuangan negara satu ini. BI memiliki tujuan satu yakni mencapai dan memelihara
kestabilan nilai rupiah. Dimana kestabilan nila rupiah ini mengandung dua aspek
penting yaitu kestabilan nilai mata uang terhadap barang dan jasa, serta
kestabilan terhadap mata uang negara lain.
Sementara itu, untuk mewujudkan tujuan
tersebut BI tentunya harus didukung dengan tiga poin penting lainnya yakni menetapkan
dan melaksanakan kebijakan moneter, mengatur dan menjaga kelancaran sistem
pembayaran, serta mengatur dan mengawasi perbankan di Indonesia. Untuk saat
ini, tugas BI kemudian dibantu oleh yang namanya lembaga keuangan negara
lainnya yakni Otoritas Jasa Keuangan yang mana OJK mengatur dan mengawasi
perbankan di Indonesia.
Meski sudah muncul OJK tak lantas membuat BI
kehilangan tajinya, BI tetap mengatur dan mengawasi perbankan namun lebih
berfokus pada aspek makroprudensial atau lebih dikenal sistem perbankan secara
makro atau skala besar. Selain itu, BI juga merupakan satu satunya lembaga yang
memiliki hak untuk mengedarkan uang yang berada di Indonesia.
Status Bank Indonesia baik sebagai badan hukum
publik maupun badan hukum perdata ditetapkan dengan undang-undang. Sebagai
badan hukum publik Bank Indonesia berwenang menetapkan peraturan-peraturan
hukum yang merupakan pelaksanaan dari undang-undang yang mengikat seluruh
masyarakat luas sesuai dengan tugas dan wewenangnya. Sebagai badan hukum
perdata, Bank Indonesia dapat bertindak untuk dan atas nama sendiri di dalam
maupun di luar pengadilan.
Kedudukan
Bank Indonesia juga tidak sama dengan Departemen, karena kedudukan Bank
Indonesia berada di luar Pemerintah. Status dan kedudukan yang khusus tersebut
diperlukan agar Bank Indonesia dapat melaksanakan peran dan fungsinya sebagai
otoritas moneter secara lebih efektif dan efisien.
Untuk anda yang masih penasaran dengan yang
namanya Bank Indonesia, anda dapat melakukan panggilan di call center 131
dengan biaya tarif lokal yang akan anda keluarkan. Sementara call
center Bank Indonesia yang lainnya yakni melalui
nomor 1500131. Jadi buat anda yang bingung dengan berbagai permasalahan yang
dialami. Selain itu alamat lengkap BI berada di Jl. MH. Thamrin 2 Jakarta 10350
Indonesia. Tak hanya melakukan berbagai pertanyaan. Anda juga bisa menyuarakan
berbagai kritik dan saran yang kesemua hal tersebut dapat dilakukan via surat
elektronik malalui email bicara@bi.go.id .
Untuk melihat perkembangan informasi atau berita terbaru terkait aktivitas dari
Bank Indonesia bisa melalui website resmi yang beralamat di www.bi.go.id. Pastinya dengan adanya layanan call center ini akan lebih menghemat
tenaga untuk nasabah yang ingin mengajukan pertanyaan tidak perlu repot-repot
harus mengantri ke Banknya.
Itulah tadi call center bank Indonesia yang
dapat saya sampaikan kepada anda. Dengan modal call center tersebut semoga
indonesia akan semakin maju lantaran berbagai kritik dan saran yang
disampaikan, atau nantinya semua masalah anda akan terselesaikan dengan bantuan
call center Bank
Indonesia tersebut.
Semoga informasi ini
bisa menjawab apa yang ada butuhkan tentang Bank Indonesia. Jika anda tidak
keberatan, silahkan bagikan juga artikel ini untuk teman atau saudara anda yang
sedang membutuhkan sebuah informasi tentang Bank Indonesia ini. Terima kasih
0 komentar:
Post a Comment