Apa perbedaan Leasing dengan kredit bank mana yang lebih menguntungkan

Apa perbedaan Leasing dengan kredit bank mana yang lebih menguntungkan

Sebenarnya Leasing dengan kredit sama saja , sama sama meminjam uang dari suatu lembaga keuangan untuk membeli untuk membeli sesuatu . 

Hanya saja istilah leasing lebih sering digunakan untuk benda yang bisa bergerak atau barang modal , misalnya mobil ataupun motor , bisa juga mesin mesin , seperti mesin cetak , mesin produksi .

Sedangkan untuk benda benda yang tidak bergerak , biasanya disebut dengan kredit Bank . Biasanya kredit bank mempunyai jangka waktu yang lebih lama , bisa sekitar 5 sampai 20 tahun , dan menggunakan jaminan benda yang tidak bergerak seperti tanah ataupun rumah.

Biasanya kredit melalui leasing bunganya lebih besar daripada kredit dengan jaminan pada bank , karena bank menganggap faktor resiko leasing lebih besar karena jaminannya bergerak bisa rusak dan hilang 

leasing
leasing

Jadi bila anda punya jaminan lebih baik kredit mobil ataupun motor dengan jaminan tanah ataupun rumah bunganya akan lebih ringan.

 

Untuk perbedaan Leasing dengan kredit bank , kita akan jelaskan pengertian leasing , atau arti leasing , atau apa yang dimaksud dengan leasing.


Leasing atau sewa guna usaha adalah setiap kegiatan pembiayaan perusahaan dalam bentuk penyediaan barang – barang modal untuk digunakan oleh suatu perusahaan untuk jangka waktu tertentu. Dengan melakukan leasing perusahaan dapat memperoleh barang modal dengan jalan sewa beli untuk dapat lansung digunakan berproduksi, yang dapat diangsur setiap bulan, triwulan atau enam bulan sekali kepada pihak lessor.

Secara umum leasing artinya Equipment funding, yaitu pembiayaan peralatan barang modal untuk digunakan pada proses produksi suatu perusahaan baik secara langsung maupun tidak langsung. Munculnya lembaga leasing merupakan alternatif yang menarik bagi para pengusaha karena saat ini mereka cenderung menggunakan dana rupiah tunai untuk kegiatan operasional perusahaan. Melalui leasing mereka bisa memperoleh dan untuk membiayai pembelian barang – barang modal dengan jangka waktu pengembalian antara 3 -5 tahun atau lebih.

Pihak utama dalam leasing, menurut Ahmad Awari, ada beberapa pihak yang terlibat dala perjanjian lease, yaitu sebagai berikut :

  • 1. Pihak perusahaan sewa guna usaha (Lessor) adalah perusahan atau pihak yang memberikan jasa pembiayaan kepada lessee dalam bentuk barang modal.
  • 2. Perusahaan penyewa (Lesse) adalah perusahaan atau pihak yang memperoleh pembiayaan dalam bentuk barang modal dari lessor.
  • 3. Supplier adalah perusahaan atau pihak yang mengadakan atau menyediakan barang untuk dijual kepada lesse dengan pembayaran secara tunai oleh lessor.

Ciri – ciri Leasing
Ciri – ciri leasing  adalah sebagai berikut :

  • 1. Biasanya ada hubungan jangka waktu lease dan masa kegunaan benda lease tersebut.
  • 2. Hak milik benda lease ada pada leasor
  • 3. Benda yang menjadi objek leasing adalah benda – benda yang digunakan dalam suatu perusahaan. 
JENIS – JENIS LEASING

1. Finance Leasing (sewa guna usaha pembiayaan)
Dalam sewa guna usaha ini, perusahaan sewa guna usaha (lessor) adalah pihak yang membiayai penyediaan barang modal. Penyewa guna usaha (lessee) biasanya memilih barang modal yang dibutuhkan dan atas nama perusahaan sewa guna usaha, sebagai pemilik barng modal tersebut, melakukan pemesanan, pemeriksaan dan pemeliharaan barang modal yang menjadi objek transaksi leasing.
Lessor akan mengeluarkan dananya untuk membayar barang tersebut kepada supplier dan kemudian barang tersebut diserahkan kepada lessee. Sebagai imblan atau jasa penggunaan barang tersebut lesse akan membayar secara berkala kepada lessor sejumlah uang yang beruba uang rental untuk jangka waktu tertentu yang telah disepakati bersama.

Jumlah rental ini secar keseluruhan akan meliputi harga barang yang dibayar oleh lessor ditambah fktor bunga serta keuntungan pihak lessor. Selanjutnya capital atau finance lease masih bias dibedakan menjadi 2, yaitu :
a. Direct finance lease
Transaksi ini terjadi jika lessee sebelumny belum pernah memilike barang yang dijadikan objek lease. Secara sederhana bisa dikatakan bahwa lessor membeli suatu barang atas permintaan lesse dan akan dipergunakan oleh lessee.
b. Sale and lease back
Dalam transaksi ini lesse menjual barang yang telah dimilikinya kepada lessor. Atas barang yang sama ini kemudian dilakukan uatu konrak leasing antara lesse dengan lessor. Dengan memperhatikan mekanisme ini, maka perjanjian ini memiliki tujuan yang berbeda dibandingkan direct finance lease. Di sini lesse memerlukan cash yng bisa dipergunakan untuk tambahan modal kerja atau untuk kepentingan lainnya. Bisa dikatakan bahwa dengan sistem saale and lease back memungkinkan lessor memberikan dana untuk keperluan pa saja kepada kliennya dan tentu saja dana yang dibutuhkana sesuai dengan nilai objek barang lease.

2. Operating lease (sewa menyewa biasa)
Dalam sewa guna usaha ini, perusahaan sewa guna usaha membeli barang modal dan selanjutnya disewagunakan kepada penyewa guna usaha. Berbeda dengan finance lease, jumlah seluruh pembayaran sewa guna usaha berkala dalam operating lease tidak mencakup jumlah biaya yang dikeluarkan untuk memperoleh barang modal tersebut berikut dengan bunganya. Perbedaan ini disebabkan perusahaan sewa guna usaha mengharapkan keuntungan justru dari penjualan barang modal yang disewa guna usahakan atau melalui beberapa kontrak sewa guna usaha lainnya.
Perusahaan sewa guna usaha dalam operating lease biasanya bertanggung jawab atas biaya – biaya pelaksanaan sewa guna usaha seperti asuransi, pajak maupun pemeliharaan barang modal yang bersangkutan.

3. Sales – Typed Lease (sewa guna usaha penjualan)
Suatu transaksi sewa guna usaha, dimana produsen atau pabrikan juga berperan sebagai perusahaan sewa guna usaha sehingga jumlah traksaksi termasuk bagian laba sudah diperhitungkan oleh produsen atau pabrikan.

4. Leveraged Lease
Suatu transaksi sewa guna usaha, selain melibatkan lessor dan lessee juga melibatkan bank atau kreditor jangka panjang yang membiayai bagian terbesar transaksi.

5. Cross Border Lease
Transaksi pada jenis ini merupakan suatu transaksi leasing yang dilakukan dengan melewati batas suatu negara. Dengan demikian antara lessor dan lesse yang dilakukan dengan melewati batas suatu negara. Dengan demikian antara lessor dan lesse terletak pada dua negara berbeda.
Penggolongan Perusahaan Sewa Guna Usaha (Leasing)

1. Independent Leasing Company
Perusahaan sewa guna usaha merupakan suatu perusahaan yang berdiri sendiri, tidak terkait dengan suatu produsen barang modal sehingga dalam pembiayaan barang modal yang dilakukan oleh independent leasing company ini dapat beragam ( tidak terfokus kepada satu merek barang modal, tetapi dapat terdiri dari berbagai merek maupun jenisnya).

2. Non Independent Leasing Company
Perusahaan sewa guna usaha ini merupakan suatu perusahaan yang mempunyai hubungan langsung dengan produsen barang modal, dimana pendirian perusahaan sewa guna usaha untuk meningkatkan penjualan barang modal yang diproduksi oleh produsen yang bersangkutan.

3. Captive lessor
Sering juga disebut two party lessor yang melibat dua pihak.

4. Lease broker atau packager
Berfungsi mempertemukan calon lesse dengan pihak lessor yang membutuhkan suatu barang modal dengan cara leasing tetapi lease broker ini tidak memiliki barang atau peralatan untuk menangani transaksi leasing untuk atas namanya.

PROSEDUR MEKANISME LEASING

Dalam melakukan perjanjian leasing terdapat prosedur dan mekanisme yang harus dijalankan yang secara garis besar dapat diuraikan sebaga berikut :

1. Lesse bebas memilih dan menentukan peralatan yang dibutuhkan, mengadakan penawaran harga dan menunjuk supplier peralatan yang dimaksudkan.
2. Setelah lesse mengisi formulir permohonan lease, maka dikirimkan kepada lessor disertai dokumen lengkap.
3. Lessor mengevakuasi kelayakan kredit dan memutuskan untuk memberikan fasilitas lease dengan syarat dan kondisi yang disetujui lesse (lama kontrak pembayaran sew lease), setelah ini maka kontrak lease dapat ditandatangani.
4. Pada yang sama, lesse dapat menandatangani kontrak asuransi untuk peralatan yang dilease dengan perusahaan asuransi yang disetujui lessor, seperti yang tercantum dalam kontrak lease. Antara lessor dan perusahaan asuransi terjalin perjanjian kontrak utama. Kontrak pembelian peralatan akan ditandatangani lessor dengan supplier peralatan tersebut.
5. Supplier dapat mengirimkan peralatan yang dilease ke lokasi lesse. Untuk mempertahankan dan memelihara kondisi peralatan tersebut, supplier akan menandatangani perjanjian purna jual.
6. Lessee menandatangani tanda terima peralatan dan menyerahkan kepada supplier.
7. Supplier menyerahkan tanda terima (yang diterima dari lesse), bukti pemilikan dan pemindahan pemilikan kepada supplier.
8. Lessor membayar harga peralatan yang dilease kepada supplier.
9. Lesse membayar sewa lease secara periodik sesuai dengan jadwal pembayaran yang telah dditentukan dalam kontrak lease.
Perjanjian yang dibuat antara lessor dengan lessee disebut lease agrement, dimana didalam perjanjian tersebut memuat kontrak kerja bersyarat antara kedua belah pihak. Isi kontrak yang dibuat secara umum memuat antara lain:

  • 1. Nama dan alamat lease
  • 2. Jenis barang modal yang diinginkan
  • 3. Jenis atau jumlah barang yang dileasekan
  • 4. Syarat – syarat pembayaran
  • 5. Syarat kepemilikan atau syarat lainnya
  • 6. Biaya – biaya yang dikenakan
  • 7. Sangsi – sangsi apabila lesse ingkar janji


Setiap fasilitas leasing yang diberikan oleh perusahaan leasing kepada pemohon (Lessee) akan dikenakan berbagai macam biaya yang dibebankan terhadap lesse tidaklah sama.
KEUNTUNGAN SEWA GUNA USAHA (LEASING)

Pembiayaan melalui leasing merupakan pembiayaan yang sangat sederhana dalam prosedur dan pelaksanaannya dan oleh karena itu leasing yang digunakan sebagai pembayaran alternatif tampak lebih menarik. Sebagai suatu alternatif sumber pembiayaan modal bagi perusahaan – perusahaan, maka leasing didukung oleh keuntungan – keuntungan sebagai berikut :

  • 1. Fleksibel.
  • 2. Tidak diperlukan jaminan.
  • 3. Capital saving.
  • 4. Cepat dalam pelayanan.
  • 5. Pembayaran angsuran lease diperlakukan sebagai biaya operasional.
  • 6. Sebagai pelindung terhadap inflasi.
  • 7. Adanya hak opsi bagi lesse pada akhir mas lease.
  • 8. Adanya kepastian hukum.
  • 9. Terkadang leasing merupakan satu – satunya cara untuk mendapatkan aktiva bagi suatu perusahaan

Memang leasing banyak keuntungannya seperti penjelasan tersebut , tetapi untuk bunga , kredit di bank dengan jaminan  pasti lebih menguntungkan karena bunganya lebih ringan dan murah. 

Sebagai perbandingan , ketika saya bekerja di bank bunga kredit sekitar 12 % per tahun , sedangkan bunga leasing sekitar 18 -22 persen per tahun . 

Setiap bank atau leasing punya cara menyembunyikan bunga sebenarnya yang dikemas dengan kata kata manis , misalnya bunga flat , bunga menurun , bunga efektif bunga hanya 1 % per hari , bunga murah tahun pertama ( tahun kedua gimana ????????) , dan lain lainnya , yang ujung ujungnya kita jadi bingung dan langsung teken kontrak ambil kredit .

Jadi hati hati sebelum membeli !!!!!!


Demikian  perbedaan Leasing dengan kredit bank mana yang lebih menguntungkan, untuk pengetahuan sobat sobat sekalian , hati hati dalam melakukan kredit , pelajari dengan seksama syarat syaratnya , jangan terjebak oleh kata kata atau janji janji yang muluk muluk dari marketingnya.

Baca juga : Berapa gaji pegawai bank mandiri

Terima kasih sobat

sumber :  rivaldiligia.wordpress.com dan bebagai sumber lainnya .

Apa perbedaan Leasing dengan kredit bank mana yang lebih menguntungkan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

1 komentar: