Langkah dan Cara Menutup Kartu Kredit Bank CIMB Niaga dengan Mudah



Cara Menutup Kartu Kredit Bank CIMB Niaga - Kebanyakan orng yang memutuskan untuk melakukan penutupan kartu kredit dikarenakan terlalu banyak memiliki kartu kredit sehingga tidak pernah menggunakannya, ada yang betujuan untuk mengurangi beban hutang yang menggunung dan ada juga yang bertujuan untuk mengurangi kebiasaan belanja yang buruk. Dalam proses penutupan kartu kredit, berbeda bank maka berbeda juga caranya. Namun pada umumnya langkah-langkah proses yang ditempuh untuk menutup kartu kredit tersebut sama. Bagi anda yang ingin menutup kartu kredit, namun masih belum tahu langkah-langkah yang perlu diambil. Berikut ini adalah cara menutup kartu kredit bank CIMB Niaga.

  1. Buatlah permohonan tertulis
Anda harus menyampaikan permohonan tertulis anda untuk menutup fasilitas kartu kredit melalui email maupun fax. Selain itu beritahukan penyedia kartu kredit tentang keinginnan anda dengan menelpon mereka secara langsung. Pastikanlah terdapat catatan resmi dari permohonan melalui telpon ini.

  1. Baca ketentuan dan peraturan dengan baik
Anda harus membaca ketentuan serta peraturan yang berlaku dalam penutupan sebuah kartu kredit, perhatikan apabila ada beberapa denda yang harus anda bayar. Jika umur kartu kredit anda masih muda, biasanya akan ada denda untuk penutupan dalam waktu singkat.

Bank CIMB Niaga


  1. Lunasi seluruh tagihan anda
Apabila di dalam tagihan anda masih terdapat utang, maka kartu kredit anda tidak dapat ditutup. Maka dari itu, anda terlebih dahulu harus melunasi tagihan tersebut. Anda bisa membayar tagihan tersebt dengan cara yang biasa, yaitu dengan tunai. Jika ternyata anda masih belum mampu melunasi seluruhnya, maka anda dapat mengalihkan utangnya ke kartu kredit yang lain, carilah yang bunganya paling rendah. Tapi yang harus anda perhatikan adalah bahwa pemindahan tagihan seperti ini akan dikenakan biaya, pada umumnya sekitar 1 sampai 5 persen dari total tagihan yang akan dialihkan.

  1. Batalkanlah seluruh pembayaran otomatis
Sebelum anda melakukan penutupan kartu kredit, pastika terlebih dahulu seluruh pembayaran otomatis terhadap kartu tersebut telah ditutup atau dialihkan. Apabila anda sampai lupa maka hal tersebut akan merepotkan anda dikemudian hari. Karena bisa jadi pembayaran otomatis tersebtuputus di tengah jalan sehingga anda pun akan dianggap menunggak.

  1. Telepon pihak penyedia kartu kredit, minta tutup kartu, tentukan tanggal
Beda bank biasanya beda pula prosedur penutupan kartu kreditnya, bahkan jalur telepon bagian costumer service-nya juga berbeda. Sehingga siapkan diri anda untuk berbicara dengan karyawan yang nantinya akan membujuk anda untuk tidak menutup kartu kredit tersebut. disarankan untuk menjawabnya dengan singkat bahwa anda cuma ingin menutup kartu kredit saja.
Tanyakan juga kapan tanggal efektif penutupan kartu kredit anda, pastikan juga apakah anda masih memiliki sisa kewajiban yang harus anda selesaikan hingga pada masa tidak berlakunya kartu tersebut. Jangan beranggapan setelah anda menelpon, kartu kredit tersebut sudah tidak berlaku lagi.

  1. Mintalah konfirmasi tertulis
Setelah anda selesai berurusan dengan costumer service bagian penutupan kartu kredit, maka anda juga bisa meminta konfirmasi tertulis dari pihak bank yang membenarkan bahwa kartu kredit anda telah tidak berlaku lagi. Pastikan pula anda menyimpan surat keterangan tersebut dengan baik. Jika tiba-tiba masih ditemukan tagihan baru di bulan berikutnya, anda memiliki bukti yang menunjukkan bahwa kartu kredit tersebut sudah tidak berlaku, berarti kesalahan bukan dari diri anda.

Demikianlah sedikit ulasan tentang cara menutup kartu kredit bank CIMB Niaga. Semoga bermanfaat. Terima kasih.

Langkah dan Cara Menutup Kartu Kredit Bank CIMB Niaga dengan Mudah Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Novira Gustiarini Tanjung

0 komentar:

Post a Comment