Apa Itu Deposito


Apa Itu Deposito - Sudahkah anda mengenal apa yang dimaksud dengan deposito? Mungkin banyak saat ini masyarakat yang belum mengetahui pengertian bagaimana aturan aturan main yang ada dalam deposito, atau bahkan ada yang belum mengerti sama sekali. Baiklah, saya akan mengutarakan berbagai hal yang erat kaitannya dengan deposito dalam kesempatan kali ini. 

Jadi begini, deposito dalam pengertian yang disadur dari wikipedia menyebutkan bahwa produk yang dijual ole bank sejenis jasa tabungan yang bisa ditawarkan kepada maasyarakat dan dibekali dengan beberapa syarat yang mengiringi. Jadi dalam bahasa sederhananya, deposito adalah tabungan yang berjangka, jadi bukan sekedar tabungan biasa yang dilakukan oleh kebanyakan orang orang. Berbagaio syarat yang menyertai deposito pun bermacam macam, jadi jangan sampai pindah chanel dulu ya !

Deposito sering digunakan sebagai salah satu wadah untuk menyimpan kekayaan berjangka lama, dimana kebanyakan orang yang memilih jalur deposito ini biasanya adalah orang orang dengan penghasilan menengah keatas yang mana uang tersebut sementara ini belum digunakan, oleh karenanya sebagai salah satu jalan investasi deposito juga merupakan bagian menarik lantaran bunga yang diberikan oleh bank tak tanggung tanggung jumlahnya. 






Namun demikian, bagi anda yang berkutat dengan dunia bisnis dan perpputaran uang harus terjadi tiap harinya, maka deposito bukanlah pilihan yang tepat mengingat adanya syarat berjangka yang akan dikenakan. Dalam deposito biasanya pihak bank menyediakan jangka waktu 1, 3,6, 12 bulan dan seterusnya, tergantung jangka waktu yang anda pilih di kesepakatan awal.

Deposito menjadi salah satu sarana investasi yang cukup menjanjikan lho jika anda belum mengetahui, dimana deposito akan memberikan keuntungan yang lumayan menggiurkan, tergantung besarnya dana yang anda alokasikan pada deposito tersebut. Berbagai ciri ciri deposito di sini dapat saya ungkapkan, diantaranya adalah :

1.       Tingkat resiko rendah
Ketika anda memilih jalan deposito sebagai jalur investasi, anda akan terhindarkan dengan tingkat resiko kerugian yang rendah. Semakin banyak anda mengalokasikan dana untuk deposito dipastikan anda akan semakin banyak pula mendapatkan dana cair dari suku bunga yang didapat. Namun ketika memilih bank dalam mengalokasikan dana deposito anda harus lebih berhati hati ya.

2.       Minimal Setoran
Setap bank pasti mempunyai berbagai kebijakan ketika membuka sebuah prooduk deposito, jadi anda harus mencermati bank yang akan anda pilih, biasanya minimal setoran yang ditetapkan dalam deposito ini berkisar di angka Rp 5 juta. Namun tentu hal ini tergantung pihak bank yang bersangkutan.

3.       Berjangka
Menurut pengertiannya deposito memang adalah tabungan berjangka, jadi pastikan anda memilih jangka waktu yang pas sesuai dengan kebutuhan. Untuk itu perhatikan selalu di awal pendaftaran berapa jangka waktu yang anda inginkan, hal ini nantinya akan berkaitan dengan pencairan. Karena biasanya bank akan mengenakan charge jika anda mengambil dana deposito sebelum jangka yang disepakati dan hal ini sudah lumrah.

4.       Bunga Melimpah
Semakin besar dana deposito yang dikeluarkan, anda akan semakin banyak mendapatkan suku bunga dalam tabungan tersebut. Jadi sebelum melakukan deposito, cek dulu suku bunga yang ditawarkan oleh bank, setidaknya cari suku bunga yang palung besar ya !

5.       Kena pajak
Sebagai warga yang taat, tentunya anda harus pada hal satu ini ya, jika tabungan biasa tak dikenakan pajak, lain halnya dengan deposito. Dalam produk deposito, anda akan dikenakan biaya pajak sampai dengan 20% namun jangan terlalu khawatir deh, toh masih ada 80% keuntungan yang akan anda miliki.

Itulah tadi gambaran gamblang mengenai deposito, jadi untuk anda yang mempunyai dana segar tak terpakai, investasi via deposito menadi salah satu pilihan yang tak boleh diabaikan lho.

Apa Itu Deposito Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Novira Gustiarini Tanjung

0 komentar:

Post a Comment