Call Center Bank Indonesia

Call Center Bank Indonesia - Bank Indonesia (BI) Adalah Bank Sentral Indonesia. Bank yang memiliki nama lain yakni De Javasche Bank yang dipergunakan pada masa Hindia-Belanda. Disebut sebagai bank sentral, BI memiliki peranan penting dalam melakasanakan berbagai tugas yang telah dibebankan kepada lembaga keuangan negara satu ini. BI memiliki tujuan satu yakni mencapai dan memelihara kestabilan nilai rupiah. Dimana kestabilan nila rupiah ini mengandung dua aspek penting yaitu kestabilan nilai mata uang terhadap barang dan jasa, serta kestabilan terhadap mata uang negara lain.

Sementara itu, untuk mewujudkan tujuan tersebut BI tentunya harus didukung dengan tiga poin penting lainnya yakni menetapkan dan melaksanakan kebijakan moneter, mengatur dan menjaga kelancaran sistem pembayaran, serta mengatur dan mengawasi perbankan di Indonesia. Untuk saat ini, tugas BI kemudian dibantu oleh yang namanya lembaga keuangan negara lainnya yakni Otoritas Jasa Keuangan yang mana OJK mengatur dan mengawasi perbankan di Indonesia. 

Meski sudah muncul OJK tak lantas membuat BI kehilangan tajinya, BI tetap mengatur dan mengawasi perbankan namun lebih berfokus pada aspek makroprudensial atau lebih dikenal sistem perbankan secara makro atau skala besar. Selain itu, BI juga merupakan satu satunya lembaga yang memiliki hak untuk mengedarkan uang yang berada di Indonesia. 



Status Bank Indonesia baik sebagai badan hukum publik maupun badan hukum perdata ditetapkan dengan undang-undang. Sebagai badan hukum publik Bank Indonesia berwenang menetapkan peraturan-peraturan hukum yang merupakan pelaksanaan dari undang-undang yang mengikat seluruh masyarakat luas sesuai dengan tugas dan wewenangnya. Sebagai badan hukum perdata, Bank Indonesia dapat bertindak untuk dan atas nama sendiri di dalam maupun di luar pengadilan.
Kedudukan Bank Indonesia juga tidak sama dengan Departemen, karena kedudukan Bank Indonesia berada di luar Pemerintah. Status dan kedudukan yang khusus tersebut diperlukan agar Bank Indonesia dapat melaksanakan peran dan fungsinya sebagai otoritas moneter secara lebih efektif dan efisien.

Untuk anda yang masih penasaran dengan yang namanya Bank Indonesia, anda dapat melakukan panggilan di call center 131 dengan biaya tarif lokal yang akan anda keluarkan. Sementara call center Bank Indonesia yang lainnya yakni melalui nomor 1500131. Jadi buat anda yang bingung dengan berbagai permasalahan yang dialami. Selain itu alamat lengkap BI berada di Jl. MH. Thamrin 2 Jakarta 10350 Indonesia. Tak hanya melakukan berbagai pertanyaan. Anda juga bisa menyuarakan berbagai kritik dan saran yang kesemua hal tersebut dapat dilakukan via surat elektronik malalui email bicara@bi.go.id . Untuk melihat perkembangan informasi atau berita terbaru terkait aktivitas dari Bank Indonesia bisa melalui website resmi yang beralamat di www.bi.go.id. Pastinya dengan adanya layanan call center ini akan lebih menghemat tenaga untuk nasabah yang ingin mengajukan pertanyaan tidak perlu repot-repot harus mengantri ke Banknya.

Itulah tadi call center bank Indonesia yang dapat saya sampaikan kepada anda. Dengan modal call center tersebut semoga indonesia akan semakin maju lantaran berbagai kritik dan saran yang disampaikan, atau nantinya semua masalah anda akan terselesaikan dengan bantuan call center Bank Indonesia tersebut.

Semoga informasi ini bisa menjawab apa yang ada butuhkan tentang Bank Indonesia. Jika anda tidak keberatan, silahkan bagikan juga artikel ini untuk teman atau saudara anda yang sedang membutuhkan sebuah informasi tentang Bank Indonesia ini. Terima kasih

Call Center Bank Indonesia Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

0 komentar:

Post a Comment